oleh

Poltekpar Makassar Melakukan MOU dengan Pemerintah Morowali dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan

MAKASSAR.TAJUK UTAMA.COM.Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar resmi jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Direktur Poltekpar Makassar dengan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Morowali disaksikan yang di saksikan oleh Bupati Kabupaten Morowali, kamis (21/11/2019) di Gedung Aula Desa Mbokita Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali.

Kerjasama ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Poltekpar Makassar dalam meningkatkan kualitas destinasi serta mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Morowali.

Poltekpar Makassar selanjutnya akan melakukan pendampingan terhadap pengembagan sumber daya manusia (SDM), khususnya pengelolaan homestay/rumah wisata/pondok wisata, kelompok sadar wisata masyarakat di sekitar destinasi.

Peenandatanganan MoU di rangkaikan bersamaan dengan Pelatihan Manajemen homestay/rumah wisata.

Pondok wisata yang di laksanakan oleh Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Morowali dan diikuti oleh 45 peserta dari 6 kecamatan yakni : Kecamatan menui kepulauaan, bungku selatan, timur, tengah, barat dan pesisir. Adapun yang menjadi narasumber di kegiatan pelatihan yakni bapak Muhammad Arifin Dangga dan Syamsu Rijal dari Poltekpar Makassar.

 

Adapun tujuan kegiatan pelatihan ini yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pariwisata Bapak Risman bahwa : ada tiga yang menjadi tujuan : 1. Peserta mampu memahami konsep pengelolahan homestay pariwisata dan rumah wisata, 2. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar kepariwisataan, 3. Peserta mampu menggunakan keahlian komunikasi dan menawarkan paket homestay, 4. Peserta mampu menggunakan tekhnik-tekhnik manajemen dan pengelolaan homestay pariwisata dan rumah wisata, dan 5. Mampu membuat paket homestay yang terjangkau dan berkualitas.

 

Dalam sambutannya, Direktur Poltekpar Makassar  Muhammad Arifin mengatakan Pengembangan SDM Pariwisata haruslah menjadi Prioritas. Pengembangan Pariwisata di Indonesia juga harus menjadi skala prioritas dalam pembangunan baik nasional maupun pembangunan daerah itu sendiri.

 

Lanjutnya “Keberadaan politeknik pariwisata di kabupaten Morowali bukan yang pertama kali, tetapi baru kali ini kita melaksanakan ikatan atau MoU sehingga kedepannya kegiatan-kegiatan pun sudah jelas sesuai tridharma perguruan tinggi”

 

Sementara itu sambutan dari Drs. Taslim, selaku Bupati Kabupaten Morowali mengatakan Bagaimana pariwisata ini menjadi sektor yang bisa menghidupkan ekonomi masyarakat Morowali, dan ini sektor yang paling bagus dan tidak akan habis.

“Untuk itu dilakukan pelatihan manajemen agar kita  mampu mengelola apa yang kita miliki dimana Indonesia  memiliki potensi pariwisata yang begitu indah karena masih alami tapi tentunya tanpa di kelola dengan baik kita tidak bisa mendapat manfaat ekonominya,”ungkapanya.

 

“Disebelah sana tdk jauh dari Mbokita ada Pulau Labengki yg sudah punya manajemen yg baik dan mereka sudah merasakan”,pungkas Bupati Morowali.

 

banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80

News Feed