oleh

Makam Pahlawan di Kabanjahe Diharapkan Jadi Destinasi Wisata

TAJUKUTAMA, KARO — Personel TNI-Polri Karo bersama komponen OKP dan masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan areal  Makam Pahlawan di Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera utara, Kamis (11/7).

Kegiatan tersebut untuk menciptakan hubungan sinergitas aparat gabungan TNI-Polri dengan komponen masyarakat.

Dimana kegiatan ini dipimpin langsung Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara

Dandim 0205/TK Letkol Inf Rizal Batu Bara menjelaskan  dengan kegiatan kebersihan tersebut juga dalam menumbuhkan sikap peduli dari personil TNI-Polri, OKP dan masyarakat terhadap kondisi kebersihan.

“Kegiatan membersihkan Makam Pahlawan ini sebagai upaya rasa hormat kepada para Pahlawan atas jasa-jasa yang telah diberikan dan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Jasa para Pahlawan harus selalu kita kenang,”ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan selain bertujuan menunjukkan rasa bangga sebagai warga Tanah Karo, sudah sepantasnya juga tempat peristirahatan para pejuang itu, diberi perhatian khusus.

“Makam Pahlawan hanya ada dua di Indonesia. Salah satunya berada di Karo. Kami sebagai pasukan bersama dengan Polri, tentunya suka dengan keseragaman dan kebersihan. Setelah mendapat perlakuan khusus nantinya, jika dikemas secara profesional tempat ini memilki nuansa khas dan daya tarik tersendiri. Tidak tertutup kemungkinan menjadi objek wisata bukti heroisme dan patriotisme di masa perjuangan,” ujar Dandim.

Lebih lanjut, ia mengharapkan pembenahan Makam Pahlawan di Kabanjahe  agar dapat diperindah untuk dijadikan sebagai tempat wisata bagi wisatawan .

Ketua MPC PP Kabupaten  Karo, Darma Ginting mengharapkan kepada Pemkab Karo agar ditingkatkan perawatan dan kebersihan di areal Makam Pahlawan Kabanjahe.

“Ada keseragaman nisan makam. Sebab ada nisan makam yang bagus dan ada nisan makam yang tidak layak,”ungkapnya.

Dikatakan pihaknya siap mendukung program Pemkab Karo kiranya Makam Pahlawan di Kabanjahe  ini menjadi destinasi wisata.

Pantaun wartawan personil TNI-Polri,OKP dan masyarakat kompak melakukan pemotongan rumput, pemangkasan tanaman dan pembersihan nisan makam. Selanjutnya sampah-sampah tersebut dimasukkan dalam gerobak yang telah disediakan di Makam Pahlawan.

Sementara itu, Kabid Promosi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Karo, Bartholomeus Barus mengapresiasi penuh program Makam Pahlawan di Kabupaten Karo untuk dijadikan destinasi wisata baru.

“Kami akan koordinasikan  dengan  Dinas Sosial untuk dibahas Mereka sudah pernah studi banding ke Surabaya sehingga dapat membandingkan Grand Desainnya untuk diterapkan di Karo, ada pada Dinas Sosial,”pungkasnya. (Surbakti)

banner 728x80
banner 728x80

News Feed