oleh

Lepas Calon Jamaah Haji Gel. I, Ini Yang Disampaikan Bupati Lampura

TAJUKUTAMA, LAMPUNG — Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Agung Ilmu Mangkunegara melepas calon jamaah haji gelombang I, di Gedung Serba Guna (GSG) Islamic Centre Kotabumi, Kamis (11/7/2019)

Dihadiri Wakil Bupati Lampung Utara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Staf Ahli, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, para Camat dan para Jamaah Calon Haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara selaku Kepala Staf Urusan Haji, Qamaru Zaman melaporkan bahwa tahun 2019 ini ada 483 calon jamaah Haji, terdiri dari 215 pria dan 268 wanita.

Menurutnya, pelepasan calon jamaah haji terbagi menjadi tiga kloter. Kloter pertama dilaksanakan pada hari ini dengan memberangkatkan sebanyak 402 jamaah. Kloter 47  yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli memberangkat 80 jamaah, dan yang terakhir dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus mendatang dengan memberangkatkan satu jamaah gabungan se-Provinsi.

Sementata Bupati Lampura menyampaikan, bahwa tahun ini, calon jamaah haji termuda yaitu berusia 18 tahun berasal dari Kotabumi Selatan, dan calon jamaah haji tertua berusia 95 tahun berasal dari Kecamatan Blambangan Pagar.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara berkesempatan memberikan souvenir secara simbolis kepada calon jamaah haji.

Bupati Agung juga mengajak kepada para calon jamaah haji untuk perbanyak rasa syukur karena diberi kesempatan untuk menjadi tamu Allah. Karena menurutnya, tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk berangkat Haji.

Menurutnya, ini semua menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Lampung Utara memiliki keinginan kuat untuk semakin menyempurnakan ibadahnya.

Berharap, para calon jamaah haji agar dapat selalu meluruskan niat dan beribadah secara khusyuk sesuai dengan tuntunan Agama demi mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selain itu, ikuti peraturan yang berlaku dan tingkatkan rasa sabar, serta jaga kesehatan.

“Dalam menjalan ibadah Haji harus sabar, karena apapun yang terjadi itu sudah atas izin Allah,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa berkumpulnya seluruh calon jamaah haji di sini agar saling mengenal satu sama lain dan terjalin tali persaudaraan yang baik, sehingga tercipta guyub rukun yang baik, baik di sini maupun di tanah suci.

Selain itu, Bupati berpesan kepada petugas Haji agar dapat melayani para calon jamaah haji dengan baik.

“Selamat jalan kepada para seluruh calon jamaah haji. Semoga kita semua menjadi Haji Mabrur,” pungkasnya.(Hendri)

banner 728x80
banner 728x80

News Feed