oleh

Dandim 1403/Sawerigading Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tajukutama, LUWU UTARA – Meski Luwu Utara diguyur hujan, upacara peringatan hari lahir Pancasila tetap berlangsung.

Upacara berjalan dengan khidmat, di lapangan upacara Pemda Luwu Utara, Sabtu (01/06/2019).

Dalam upacara tersebut, Dandim 1403/Swg Letkol Inf M Imasfy bertindak selaku inspektur upacara, dan membacakan sambutan seragam dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Pancasila dalam sambutanya, adalah dasar dan Ideologi negara serta pandangan hidup bangsa Indonesia yang digali oleh para ‘pendiri bangsa’, dan merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME bagi bangsa Indonesia.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan,” kata Imasfy mengutip sambutan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Berkat pancasila, lanjutnya, yang berlindung dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Ia menuturkan, tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Dimana kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara.

“Itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggan nasional,” ujarnya.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesannya.

Apel dihadiri oleh Bupati Luwu Utara, Kapolres Luwu Utara, Pabung Luwu Utara, para Dandamil 1403/Swg se Kabupaten Luwu Utara, para asisten, staf ahli dan pimpinan SKPD Luwu Utara.

News Feed