Ketua KPUD Karo Ungkap Pengecekan yang Dilakukan Di TPS Pemilu 2019

KARO, Tajuk Utama — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karo dalam melakukan pengecekan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (16/4/2019).

KPUD Karo turut menggandeng unsur Forum Komunikasi Daerah (forkomipda) Karo yakni Polres Tanah Karo, Bawaslu Karo, Kejaksaan Negeri, serta DPRD Karo.

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, mengungkapkan pengecekan ini ditujukan untuk melihat sejauh mana kesiapan tempat dan petugas yang ada di TPS.

“Alasannya mengecek ke sini supaya mayan dan petugas tetap semangat menyambut Pemilu,” katanya.

Ia juga menyebutkan, jika dilihat dari kesiapan keseluruhan pihaknya sudah mencapai angka 100%.

“Kalau untuk surat suara sudah tiba semua di 14 kecamatan dan sore ini sudah tiba di desa-desa. Tiga kecamatan lainnya sedang proses pengiriman, karena lokasinya berdekatan,” katanya.

Kajari Karo Gloria Sinuhaji, menyebutkan untuk mendukung kelancaran dan keterbukaan Pemilu, pihaknya akan turut melakukan pemantauan. Karena menurutnya, pada perjalanan Pemilu banyak terdapat tindak pidana.

Sementara itu, Wakapolres Tanah Karo Kompol Edward Nauman Saragih, mengungkapkan personelnya sudah disiapkan untuk mengamankan Pemilu, untuk pengaman di TPS pihaknya mengerahkan 234 personel.

Sedangkan untuk keseluruhan personel yang dikerahkan untuk pengamanan secara umum sebanyak 379 orang.

“Kita juga siap mengawal pesta demokrasi ini agar aman dan nyaman,” katanya.

Kasat Intelkam Polres Tanah Karo AKP Rohot P Nainggolan, mengungkapkan untuk wilayah Karo cukup intensif. Dirinya menyebutkan, pihaknya nanti akan rutin melakukan patroli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Surbakti/Tison)