Kapolres Gowa Imbau Masyarakat Tidak Lakukan Pawai Kemenangan

GOWA, Tajuk Utama – Polres Gowa imbau masyarakat agar tidak melakukan pawai kemenangan usai pelaksanaan pencoblosan, Rabu 17 April 2019 besok.

Hal ini juga ditegaskan langsung oleh Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, agar masyarakat tidak melakukan pawai untuk mengapresiasikan kegembiraannya pasca pencoblosan.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat, khususnya tim sukses dari setiap paslon untuk tidak melakukan pawai kemenangan dengan mobilisasi massa pasca tahap pencoblosan,” terangnya, Selasa (16/04/2019).

Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang, menunggu hasil rekapitulasi suara resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Jadi, meski ada hasil quick count setelah pencoblosan, masyarakat agar tidak melakukan pawai, namun dengan menggelar doa bersama sebagai ungkapan syukur,” kata Kapolres Gowa.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga harkamtibmas agar tetap aman dan kondusif, sekaligus untuk mengantisipasi timbulnya konflik ataupun hal-hal yang tidak diinginkan.

“imbauan ini juga telah dikaji berdasarkan UU No.9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum, yakni apabila terjadi mobilisasi massa yang tidak sesuai undang-undang, maka itu dilarang dan akan dilakukan penertiban sesuai dengan UU LLAJ No. 22 Tahun 2009,” tegas Akbp Shinto Silitonga.(**)