oleh

LSM INAKOR Audiensi dengan KPU Pasuruan Demi Sukseskan Pemilu 2019

Pasuruan, Tajukutama.com – Pemilu dan pilpres 2019 sudah semakin dekat guna mendukung kinerja KPU Kabupaten Pasuruan, LSM INAKOR melakukan audiensi agar kinerja KPU lebih optimal khususnya dalam hal sosialisasi pada pemilih, Rabu (12/12/2018).

Firman faruk, S.H., selaku sekretaris LSM INAKOR Kabupaten Pasuruan menyoroti banyak masyarakat yang mengadukan ketidaktahuan akan pemilihan pemilu dan pilpres 2019 karena pemilu tahun ini beda dengan pemilu tahun sebelumnya.

Apa tindakan dari KPU untuk langkah kedepannya agar banyak masyarakat yang mengetahui agenda pemilu karena suksesnya pemilu tergantung sosialisasi dari KPU.

Senada dengan itu Dwi Nur Khilmi, S.E, MM., yang menjabat sebagai ketua bidang pemberdayaan LSM INAKOR kita selaku kontrol sosial melakukan survei terkait kendala pemilihan untuk disabilitas.

Apakah ada tindakan khusus untuk kaum disabilitas dari KPU karena pada dasarnya semua manusia dihitung sama dalam demokrasi agar hak pilih mereka dapat tersalurkan.

Dari KPU sudah melakukan tindakan mulai dari coklit yang dilakukan oleh PPDP, PPS DAN PPK. KPU melakukan tindakan awal penyelesaian penetapan DPT setelah sudah terpenuhi baru pembuatan surat suara.

Untuk teknis sosialisasi kita masih masif karena belum terbitnya surat suara, selanjutnya kita komisioner belum bisa hadir ke seluruh desa karena sudah kami tugaskan ke PPS.

Sosialisasi bukan hanya tanggung jawab KPU tetapi tanggung jawab masyarakat, perangkat desa, partai politik dan semua kompenen punya andil untuk sosialisasi ke masyarakat yang belum tahu akan pemilu 2019 yang begitu rumit karena ada 5 pemilihan.

“Pileg dan pilpres anggarannya untuk sosialisasi itu hanya 1 juta rupiah dari APBN dengan hal seperti ini kita dari KPU meminimalkan,” Ujar pak nanang yang menjabat sebagai divisi data KPU ini.

Reporter: Rizal

News Feed